All about woods and all the benefits of wood

Membangun Rumah Minimalis Dengan Biaya Dibawah 40 Juta

Kembali lagi bersama kami di blog sederhana ini, kali ini kami akan berbagi informasi seputar pembangunan rumah minimalis dengan harga yang cukup miring yaitu dibawah 40 juta, tentunya setiap orang akan menanggapi hal ini dengan berbagai reaksi ada yang mempercayainya, bahkan ada yang menganggap ini mustahil, untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas bagaimana cara membangun rumah minimalis dengan modal yang sangat terbatas yaitu 40 juta kebawah.

Hal pertama yang harus dipilih adalah desain rumah, karena biaya kita sekitar 40 juta maka desain yang dipilih haruslah minimalis, bukan standar atau modern, karena standar dan modern akan memakan biaya yang lumayan mahal, selanjutnya pemilihan tipe rumah, untuk tipe rumah yang dianjurkan dalam membangun rumah dengan modal 40 juta, maka gunakan tipe rumah sederhana antara tipe 35 sampai tipe 40.



Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tentang bahan bangunan, untuk rumah dengan modal 40 juta, anda harus pandai dalam memilih bahan bangunan yang akan digunakan, carilah bahan bangunan dengan harga murah namun kualitas cupuk, juga disarankan kalau ingin membeli seperti bahan bangunan, pasir, batu bata langsung pada produsernya.

Untuk yang terakhir carilah tukang bangunan yang mempunyai kinerja bagus namun upah bisa menyesuaikan, biasanya tukang bangunan ini berada di pedesaan-pedesaan yang masih bisa nego harga kalau mengerjakan pekerjaan atau proyek, jelilah dalam memilih tukang bangunan dan usahakan bukan pada kontraktor.

Untuk rinciannya berikut kami gambarkan estimasi biaya rumah minimalis dengan modal sekitar 40 jutaan.

Membangun pondasi rumah dengan membeli batu kali, semen dan pasir dengan total biaya = 2,5 juta rupiah.


Membeli tanah urugan dengan untuk menutup 60 cm, maka volume ditung 10m x 8m x 0,6m =48m3, sedangkan harga tanah per m3 = Rp.45.000, maka diperlukan biaya Rp.2.160.000.

Pembangunan lantai membutuhkan pasir, semen dan bata dengan total biaya = 3 juta rupiah.

Pembangunan tembok rumah membutuhkan pasir, semen dan bata dengan total biaya = 4 juta rupiah.

Biaya pembelian kusen, pintu dan jendela = 2 juta rupiah.

Biaya material bangunan untuk atap (rangka kayu dan genteng) = 4 juta rupiah

Biaya material bangunan untuk kamar mandi (bak mandi, wc dan septic tank) Rp.2.500.000.


Upah 3 tukang bangunan selama 1 bulan = 80.000 x 2 x 30 hari = Rp. 7.200.000.


Upah 2 kuli bangunan selama 1 bulan = 50.000 x 30 = Rp.3.000.000.

Pemasangan sistem kelistrikan = Rp.1.000.000.

Jadi total biaya membangun rumah type 35 ini adalah Rp.31.460.000,-

Total yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah minimalis sekitar 
Rp.31.460.000,- untuk sisa modalnya bisa anda simpan jika suatu saat ingin ada penambahan bagian pada rumah.

Baca juga: Membangun dapur minimalis dengan biaya murah (3 x 3 meter)

Demikianlah tips cara membangun rumah dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar 40 juta, semoga anda terinspirasi dan secepat mungkin memiliki hunian yang pantas anda huni, jangan cepat putus asa karena segala sesuatu bisa kita lakukan dengan perencanaan yang matang. 
Back To Top